Fasilitas DIAKONES

AULA

Aula Sekolah Tinggi Diakones HKBP berukuran 19,5 x 7,13 m2 yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menunjang Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa seminar, konsultasi, lokakarya, kuliah umum. Juga kegiatan-kegiatan kemahasiswaan seperti lomba pidato, vokal solo dan vokal group, lomba berkotbah dan perlombaan lainnya. Selain itu, aula Sekolah Tinggi Diakones HKBP digunakan dalam perayaan-perayaan besar misalnya ibadah Adven bersama dan perayaan wisuda Sekolah Tinggi Diakones HKBP. 

PERPUSTAKAAN

 

Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan/Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu penunjang peningkatan pendidikan/pengajaran ini adalah perpustakaan. Artinya, setiap institusi  pendidikan harus memiliki fasilitas perpustakaan yang memadai. Sekolah Tinggi Diakones HKBP selalu meng up-grade kwalitas perpustakaannya. Hal ini terbukti dari jumlah koleksi buku semakin bertambah. Sehingga koleksi buku yang tersedia cukup digunakan oleh civitas akademika maupun non civitas. 

Sistem peminjaman di perpustakaan ini adalah terbuka dimana mahasiswa dapat mengambil buku secara langsung ke rak. Selain itu, saat ini perpustakaan STD HKBP sudah menggunakan SLIMS (Senayan Library Management System) sehingga seluruh data buku, proses sirkulasi, pencarian buku  dilakukan melalui sistem ini. Proses sirkulasi, pencarian  buku  sehingga mempermudah pustakawan dan pemustaka.

 

Tata tertib peminjaman buku  perpustakaan:

  • Peminjam adalah sivitas akademika Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige. Alumni hanya dapat meminjam untuk dibaca di Perpustakaan.
  • Pengunjung wajib mengisi buku pengunjung yang telah disediakan .
  • Pengambilan bahan perpustakaan harus diketahui oleh petugas perpustakaan.
  • Bahan pustaka yang tergolong baru, referensi, skripsi, kliping tidak diperbolehkan dibawa pulang.
  • Bahan pustaka referensi dibaca di Perpustakaan kecuali dipinjam untuk difotokopi.
  • Jumlah bahan pustaka yang dipinjam untuk dibawa pulang maksimal 5 eksemplar, dengan jangka waktu peminjaman 2 minggu.
  • Bahan perpustakaan yang dipinjam bila hilang atau rusak akibat kelalaian peminjam harus menggantinya dengan nilai buku yang sama.
  • Peminjam tidak diijinkan menulisi, memberi coretan/tanda-tanda dengan lipatan bahan Perpustakaan yang dipinjam.

RUANG KETRAMPILAN

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu melalui peningkatan kualitas luaran atau kompetensi lulusan maka Sekolah Tinggi Diakones HKBP menyediakan ruang keterampilan bagi mahasiswanya. Ruang keterampilan Sekolah Tinggi Diakones HKBP dipergunakan untuk melatih dan meningkatkan minat, bakat dan keterampilan mahasiswa. Ruang keterampilan terdiri atas ruang keterampilan menjahit, ruang keterampilan tata boga, dan ruang keterampilan musik.

RUANG DISKUSI

 
Sekolah Tinggi Diakones HKBP memiliki 2 unit ruang diskusi yang dapat digunakan oleh sivitas akademika sesuai dengan aturan yang ditentukan. Ruang diskusi Sekolah Tinggi Diakones HKBP difasilitasi dengan pencahayaan yang baik, ruang yang bersih, nyaman dan aman digunakan, kursi dan meja yang memadai. Selain itu, ruang diskusi Sekolah Tinggi Diakones HKBP difasilitasi dengan wifi dengan kapasitas bandwith yang memadai. 

RUANG IBADAH

Sekolah Tinggi Diakones HKBP memiliki ruang ibadah yang digunakan oleh sivitas akademika. Mengacu pada kode etik dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan  Sekolah Tinggi Diakones HKBP, maka setiap harinya sivitas akademika wajib mengikuti ibadah harian yang dilaksanakan pada pukul 07.30 Wib – 08.00 Wib. Ruang ibadah ini digunakan sebagai tempat beribah baik ibadah harian maupun ibadah hari besar Kristen Protestan.
Ruang ibadah ini difasilitasi dengan meja, kursi, LCD, infokus dan perangkat ibadah yang meliputi Kitab Suci (Alkitab, Bibel, Holy Bible), Buku Nyanyian, buku ibadah. Juga tersedianya alat-alat musik pendukung ibadah yaitu keyboard, organ, xylophone, gitar, gendang, angklung serta musik box. Ruang ibadah Sekolah Tinggi Diakones HKBP memiliki pencahayaan yang baik dan bersih serta nyaman untuk digunakan.

RUANG BIMBINGAN KONSELING

 
Sekolah Tinggi Diakones HKBP memiliki laboratorium Bimbingan Konseling (BK) yang diperuntukkan untuk sivitas akademika Sekolah Tinggi Diakones HKBP. Laboratorium BK ini berfungsi untuk menolong sivitas akademika dengan permasalahannya melalui konseling oleh konselor Sekolah Tinggi. Konseling yang dilakukan dapat berupa konseling pribadi/individu maupun konseling kelompok. Laboratorium BK difasilitasi dengan kursi, meja dan tempat tidur yang memadai. Selain itu, laboratorium ini memiliki pencahayaan yang baik, bersih dan nyaman untuk digunakan.

LABORATORIUM BAHASA

Laboratorium Bahasa difungsikan untuk memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan bahasa khususnya Bahasa Inggris sebagai persiapan tuntutan kebutuhan pelayanan. Laboratorium bahasa ini dapat dimanfaatkan oleh akademi Perawat HKBP, pelayan Gereja, Rumah Sakit HKBP,peserta English Intensive Course dan tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum dengan mengikuti ketentuan-ketentuan :
 
  • Pengajar adalah dosen Sekolah Tinggi Diakones HKBP/ Native Speaker yang diundang oleh HKBP / Sekolah Tinggi Diakones HKBP
  • Mengikuti intruksi dalam pengoperasian alat-alat yang ada di laboratorium bahasa.
  • Kerusakan adalah tanggungjawab  pemakai
  • Wajib menjaga ketertiban dan kebersihan

LABORATORIUM MULTIMEDIA

Laboratorium  multimedia diperuntukkan bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Diakones HKBP. Laboratorium ini dipergunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan media komunikasi yaitu komputer.  Laboratorium ini memiliki pencahayaan yang baik, bersih dan nyaman untuk digunakan serta dilengkapi fasilitas komputer dan printer dengan jumlah yang memadai, stabilisator, papan tulis, terminal listrik.

Selain itu, laboratorium ini difasilitasi dengan jaringan internet “wifi” dengan kapasitas bandwith yang memadai. Fasilitas tersebut juga digunakan Sekolah Tinggi Diakones HKBP untuk menunjang tugas Tridharma pendidikan tinggi, misalnya para mahasiswi untuk mengerjakan tugas-tugas selama masa perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.